Minggu, 19 Juni 2016

Pengenalan HTML

Saat ini, sebuah teknologi web yang memiliki banyak teknologi di belakangnya yang telah menjadi platform untuk berbagai perangkat. Mulai dari perangkat PC konvensional hingga perangkat genggam yang sangat pervasif dan ada di mana-mana. Penyusun antar muka web adalah sebuah bahasa pemrograman yang disebut HTML.

Saat ini ada banyak software yang memudahkan kita untuk membuat halaman web tanpa mengenal HTML Seperti Adobe Dreamweaver. Tapi software itu memiliki keterbatasan jadi tetap saja kita harus mempelajari bahasa bahasa pemrograman HTML.

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Languange. Bahasa pemrograman ini terdiri dari tag dan aturan-aturan yang memungkinkan anda membuat dokumen hypertext. Halaman web adalah dokumen Hypertext.

Jika anda melihat halaman-halaman web di internet, mungkin anda akan berpikir bahwa untuk membuat halaman web dengan tampilan seperti itu memerlukan software pengolahan kata atau software lain yang canggih dan khusus. Padahal halaman web yang paling dasar dapat di buat hanya dengan software teks editor saja.

Bahkan Editor teks sederhana seperti notepad di windows dapat di pakai untuk membuat halaman web. Akan tetapi, notepad juga belum optimal untuk editing karena tidak memiliki fasilitas syntax highlight. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menggunakan atau menginstal software notepad++ di windows kalau di Linux kalian menggunakan Bluefish.

1 komentar: